Assalamu'alaikum
sodara....
Pernah tidak mengalami pemutusan aliran listrik atau
menyaksikan atau mendengar cerita nya.
Sedikit share ni sodara.
Pemutusan aliran listrik, tentunya oleh PLN biasanya
dilakukan dikarenakan beberapa sebab. diantaranya terjadi keterlambatan
pembayaran listrik, terjadi penyalahgunaan penggunaan listrik dan sudah tidak
digunakan (berhenti berlangganan).
Nah, untuk masalah keterlambatan pembayaran biasanya
PLN memberi tenggang waktu sampai 2 hingga 3 bulan sebelum pemutusan, dengan
memberikan peringatan tiap bulannya melalui lisan ataupun surat.
Banyak dari pelanggan mempunyai alasan mengapa terlambat
pembayaran. Diantaranya ; lupa, rumah tidak dihuni, dikontrakkan, atau memang
sengaja tidak dibayar. Agar tidak lupa, sebaiknya melakukan pembayaran sesegera
mungkin sebelum tanggal 20 tiap bulannya. Tagihan billing rekening PLN
biasanya sudah muncul pada tanggal 1-2 tiap bulannya.
Solusi yang lebih
efektif lagi yaitu menggunakan Listrik Prabayar (Tistrik Token).
Pada listrik prabayar pelanggan
harus mengeluarkan uang atau membayar dulu energi listrik yang akan
dikonsumsinya. Besar energi listrik yang telah dibeli oleh Pelanggan dimasukkan
ke dalam Meter Prabayar (MPB) yang terpasang dilokasi Pelanggan melalui sistem
‘token’ atau stroom.
Keuntungan yang dapat dirasakan
langsung oleh pelanggan prabayar :
ü Tidak ada petugas pencatat meter
ü Tidak ada sanksi pemutusan
ü Tidak dikenakan denda keterlambatan
ü Tidak dikenakan biaya beban bulanan atau rekening minimum
ü Kemudahan pembelian Token/Stroom
ü Pelaksanaan penyambungan cepat
ü Privasi tidak terganggu
Manfaat hemat yang didapat diantaranya
:
ü Pelanggan dapat lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik
ü Pelanggan dapat memantau pemakaian listriknya setiap saat
ü Pelanggan dapat menyesuaikan biaya pemakaian listrik dengan
anggaran belanja
KwhMeter Prabayar |
Jadi, dari pada listrik diputus
karena terlambat bayar listrik, solusi listrik prabayar ini bias jadi pertimbangan.
Jika ada masalah perihal kelistrikan,
hubungi saja contact centel PLN di no 123 atau jika via hp (kode area) 123.
Kartu Langganan Listrik Prabayar, terdapat 11 digit no meter (no pelanggan) Berikut adalah video penyuluuhan listrik prabayar. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar