Rabu, 20 Februari 2013

Cara Mudah Mengetahui Tagihan Listrik bulanan Anda





Untuk menghindari pemutusan sambungan listrik, sebaiknya kita melakukan pembayaran tagihan listrik sebelum tanggal 20 tiap bulan.  
Ada beberapa cara mengetahui tagihan listrik sebelum kita datang ke outlet pembayaran listik. Diantaranya adalah :

  1. Melalui  Contact Center PLN 123,

a.       Dengan tekan 123 dari telepon rumah, atau 024123 jika menggunakan HP.
b.      Pilih menu pilihan no : 1, untuk cek rekening.
c.       Mesin penjawab akan meminta Anda untuk memasukan nomor ID pelanggan listrik anda. Nomor ID pelanggan dapat dilihat pada struk pembayaran atau di Box APP meter, yaitu angka sejumlah 12 digit diawali dengan angka 52(untuk wilayah Jateng & DIY).
d.      Tagihan listrik Anda akan dibacakan oleh mesin penjawab.


2.      Melalui Website www.pln.co.id
a.       Masuk ke web site www.pln.co.id
b.      Perhatikan menu di sebelah kanan bawah, ada 3 pilihan tab menu : Layanan On Line, Simulasi Rekening dan Simulasi Biaya. Pilih menu  Layanan On Line 
c.       Masukan ID pelanggan Listrik Anda pada kotak isian ID Pelanggan à tekan tombol Cek
d.      Akan muncul halaman yang menampilkan tagihan listrik bulan berjalan. Anda juga dapat memilih untuk menampilkan tagihan listrik bulan-bulan sebelumnya (max 3 bulan sebelumnya)
e.       Pada halaman ini Anda juga dapat mendaftar layanan PLN  E-Billing  , layanan ini akan mengirimkan  tagihan listrik Anda tiap bulan melalui email. Caranya Klik Tombol “Lihat Invoice” > tekan tombol User Baru untuk melakukan registrasi. 

f.       Setelah diisi semua, klik tombol Simpan. Cek email masuk Anda, klik Link pada email dari PLN E-Billing, dan Anda sudah terdaftar pada layanan PLN  E-Billing  dan akan menerima tagihan listrik Anda tiap bulan melalui email.


g.      Pada halaman ini Anda juga bisa menampilkan rincian tagihan listrik. Dengan cara Tombol “Lihat Invoice> masukan email dan password > klik tombol MASUK 


h.      Akan muncul rincian tagihan listrik Anda. Anda bisa langsung cetak (dengan klik Cetak Invoice) atau disimpan dalam format PDF (dengan klik Simpan Format PDF).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar